The FlooR

The%20FlooR

Wednesday, July 27, 2011

(opini) TRANSPORTASI DI PERKOTAAN

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kondisi transportasi perkotaan di Indonesia saat ini sudah semakin memprihatinkan, terutama masalah kemacetan yang makin tak terkendali, bukan hanya pada jam puncak, namun sepertinya kemacetan sudah menjadi pemandangan yang biasa setiap hari.

Selama ini yang menjadi fokus para perencana transportasi perkotaan hanya tertuju pada usaha mengatasi kemacetan, sehingga mereka sering merekomendasikan pembangunan jalan baru dan peningkatan sarana bagi kendaraan bermotor yang berakibat dapat merangsang peningkatan penggunaan kendaraan bermotor pribadi oleh masyarakat. Hal ini hanya dapat mengatasi kemacetan untuk sementara waktu, namun dampaknya adalah munculnya masalah lingkungan yang lebih besar baik itu masalah lingkungan sosial, ekonomi maupun masalah lingkungan hidup. Kondisi saat ini sebanyak 1.500 sepeda motor dan 500 mobil baru yang ada di jalan-jalan jakarta setiap hari (sumber: infrastruktur dalam angka).


Seharusnya fokus diarahkan pada peningkatan mobilitas orang dan barang secara efisien, murah, nyaman dan ramah lingkungan, misalnya dengan mengubah prilaku masyarakat dalam menggunakan jalan dengan menawarkan pilihan angkutan umum yang menarik. Dalam meningkatkan mobilitas lebih terkait dengan perubahan prilaku dan sedikit masalah teknis, sehingga memiliki dimensi sosial yang sangat penting dan melibatkan banyak Stake Holders yang biasanya agak sulit untuk bekerjasama.
Tujuannya adalah menciptakan sistem mobilitas perkotaan yang efisien, fleksibel, memperhatikan kepentingan orang banyak, aman, nyaman, terjangkau, sedikit pergerakan lalu lintas, waktu tempuh yang pasti, mengurangi kebisingan, sedikit konsumsi energi dan memperhatikan kelestarian lingkungan. Dalam hal ini Berarti memprioritaskan angkutan umum, pejalan kaki, kendaraan tidak bermotor dan kendaraan angkutan barang, meningkatkan kualitas dan aksesibilitas angkutan umum termasuk bagi penyandang cacat serta meningkatkan ruang publik yang tersedia.

hope: Semoga perencanaan transportasi perkotaan kedepan akan semakin baik..
~PLUR~

http://maxbhow.blogspot.com